pta-plg-logo.png

Pengadilan Tinggi Agama Palembang mengikuti Bimbingan Teknis Kompetensi Tenaga Teknis Peradilan Agama Secara Daring (Online)

.

Palembang, Jum’at (10/09/2021) pukul 08.00 wib bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Palembang, Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim Tinggi, Panitera dan Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Agama Palembang mengikuti bimbingan teknis kompetensi tenaga teknis peradilan agama berbasis online (daring) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama. Kegiatan tersebut diikuti juga oleh Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama di seluruh Indonesia secara langsung maupun virtual zoom meeting dan youtube.

Bimbingan teknis ini diadakan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas hakim serta aparat kepaniteraan di lingkungan Peradilan Agama dalam permasalahan teknis yustisial. Pada kesempatan ini, acara dilaksanakan secara virtual dengan narasumber Ketua Kamar Mahkamah Agung RI YM. Dr. Amran Suadi, S.H., M.H., M.H. bertemakan “Berbagai Permasalahan Praktik Eksekusi di Pengadilan”.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan “Indonesia Raya” dan Hyme “Mahkamah Agung RI”, dilanjutkan dengan pembacaan Al-Qur’an dan Doa serta pengarahan dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. yang sekaligus membuka acara secara resmi. Beliau menyampaikan agar Pengadilan Tingkat Banding harus mengawasi dan mengambil langkah cepat untuk mengatasi masalah perkara eksekusi. “Putusan pengadilan adalah mahkota hakim, sedangkan eksekusi putusan merupakan mahkota pengadilan. Apabila putusan tidak bisa dilakukan maka kewibawaan peradilan dimata masyarakat akan hilang”, ucapnya.

Sebelum acara berakhir diadakan diskusi dan dialog bersama narasumber dengan para peserta bimbingan teknis yustisial. Acarapun selesai, sebelum ditutup Dirjen Badilag mengharapkan agar para peserta dapat dengan benar-benar menyerap ilmu dari narasumber dan melaksanakannya dengan baik. (snd)